Akhir 2019, Meraih Juara Umum Tahfiz Qur’an 30 Juz

Gombara Online– Di Perkemahan Tahfiz dan Bahasa ke-IV yang diselenggarakan oleh Lembaga Pengembangan Pesantren (LP2) Pimpinan Wilayah Sulawesi Selatan (PWM) berhasil mengatar Pondok Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah Gombara-Makassar menjadi Juara Umum Tahfiz 30 Juz.

Prestasi ini diumumkan oleh Ketua LP2 PWM Sul-Sel KH. Lukman Abdul Samad, Lc. saat dilaksanakanya Wisuda Tahfiz di Pondok Pesantren Pembangunan Muhammadiyah Tana Toraja bulan Desember 2019 Sabtu, 21/12/2019.

Penetapan Pesantren ini sebagai Juara Umum Tahfiz 30 Juz menurut ustad Lukman karena dari sekian pondok pesantren di Sulawesi Selatan, inilah pesantren yang memiliki santri terbanyak yang hafiz 30 Juz. Alasan kedua menurutnya karena di pesantren inilah yang pertama kali mengembangkan program tahfiz, baik kerjasama dengan AMCF maupun ITMAM. Disini juga lanjutnya begitu banyak santri yang mengikuti program tahfiz, selain itu mampu memberikan model yang dapat dipilih oleh santri.

Menyikapi hal ini, Ketua LP2 Pimpinan Pusat Muhammadiyah DR. KH. Maskuri, M.Ed. menyambut gembira dan memberikan apresiasi yang sangat tinggi kepada pondok pesantren di Wilayah Sulawesi Selatan. Terkhusus lagi Pesantren Darul Arqam yang berhasil meraih prestasi sebagai Juara Umum Tahfiz Terbanyak 30 Juz. Hal ini lanjutnya, perlu dijadikan model dan contoh bagi pesantren lainnya. Bahkan jika perlu buat inovasi dan terobosan baru. Semakin banyak model dan inovasi maka semakin membuka peluang untuk melahirkan kader-kader tahfiz di masa mendatang.

“Saya sangat menyambut gembira dan mengapresiasi capaian-capaian dan kemajuan pondok pesantren Wilayah Sulawesi Selatan. Terkhusus lagi kepada Pondok Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah Gombara berhasil membuktikan prestasinya sebagai Juara Umum Tahfiz Terbanyak 30 Juz. Bagi pesantren lainnya ini perlu dijadikan contoh dan model. Dan jangan puas hanya ini, diperlukan model dan inovasi-inovasi baru, karena dengan ini membuka peluang sangat besar untuk melahirkan kader-kader tahfiz di masa mendatang”.

Pada kesempatan itu pula, Ketua LP2 PP yang juga meduduki jabatan sebagai wakil ketua Majelis Dikdasmen PP. Muhammadiyah menyampaikan informasi dan peluang besar bagi santri tahfiz. Begitu banyak perguruan tinggi negeri dan swasta yang menyiapkan beasiswa penuh bagi penghafal Al-Qur’an. Ditambahkan, untuk persiapan melanjutkan pendidikan ke luar negeri, LP2 PP telah bekerja sama dengan beberapa perguruan tinggi luar negeri. Untuk membantu calon mahasiswa, dilakukan Dourah Bahasa Arab untuk memperdalam kemampuan Bahasa Arab yang disertai dengan pembahasan soal-soal seleksi. Karena itu harapanya, kepada seluruh pesantren dan kepada seluruh santri yang telah diwisuda agar dilanjutkan dan dipertahankan hafalanya.

Sementara itu Kiyai Mahlani S., S.Th.I.MA. Direktur Pesantren yang ditemani oleh Koordinator Tahfiz Martono La Moane, M.Pd. berkomitmen bahwa apa yang diraih pesantren ini adalah bukti hasil kerja dan kemampuan pesantren dalam mencetak kader tahfiz. Ditambahkan bahwa apa diraih ini akan terus ditingkatkan lebih baik dan lebih banyak lagi.

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*